UTS BK KARIR MUNA CAHYA INDAH LESTARI (1193351003)
04 – November - 2020
TEORI KARIR TRAIT AND FACTOR
Muna Cahya Indah Lestari ( 1193351003 )
BK Reguler A 2019
Universitas Negeri Medan
Istilah “trait” merujuk pada karakteristik individu yang dapat diukur melalui tes, “factor” merujuk pada karakteristik yang dibutuhkan untuk penampilan kerja yang sukses. Jadi, menurut Sharf,1992 (di dalam Boharudin, 2011) istilah “trait and factor” merujuk pada penilaian karakteristik individu dan pekerjaan.
Teori ini berpendapat bahwa perkembangan kepribadian manusia ditentukan oleh faktor pembawaan maupun lingkungannya. Kepribadian adalah suatu sistem saling ketergantungan dengan trait atau faktor seperti kecakapan minat sikap temperamen dan lain-lain. Dasar konseling trait dan faktor adalah asumsi bahwa manusia mencoba menggunakan pemahaman diri dan pengetahuan tentang kecakapannya untuk mengembangkan potensinya.
Williamson merupakan seorang pendukung kuat konseling berdasarkan teori trait-and-factor. Penggunaan prosedur konseling Williamson menggunakan pendekatan trait-and-factor yang dikembangkan dari karya Parsons. Bahkan ketika diintegrasikan ke dalam teori-teori bimbingan karier lain, pendekatan trait-and-faktor memainkan peranan yang sangat vital. Dampak dan pengaruhnya terhadap perkembangan teknik-teknik asesmen dan penggunaan informasi tentang karier sangat besar.
Bimbingan karir adalah kegiatan dan layanan bantuan terhadap peserta didik agar dapat mengenal dan memahami dirinya, mengembangkan masa depan sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkannya, mampu menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab (winkel: 673).
Hal yang mendasar bagi konseling Trait and Factor adalah asumsi bahwa individu berusaha untuk menggunakan pemahaman diri dan pengetahuan kecakapan dirinya sebagai dasar bagi pengembangan potensinya. Maksud konseling menurut Williamson adalah untuk membantu perkembangan kesempurnaan berbagai aspek kehidupan manusia, serta tugas konseling Trait and Factor adalah membantu individu dalalm memeperoleh kemajuan memahami dan mengelola diri dengan cara membantunya menilai kekuatan dan kelemahan diri dalam kegiatan dengan perubahan kemajuan tujuan-tujuan hidup dan karir (Shertzer & Stone, 1980, 171).
Adapun kelebihan dan kelemahan dari Teori ini adalah :
Kelebihan dari Teori ini adalah :
- Corak konseling karir ini lebih sering diterapkan pada masalah berkaitan dengan pilihan bidang studi/ bidang pkerjaan dalam institusi pendidikan.
- Mengungkapkan data keterangan tentang potensi yang dimiliki individu dengan berbagai instrumen tes sehingga data yang didapat cukup valid
- Individu akan mendapat informasi tentang suatu pekerjaan.
Kelemahan dari teori ini adalah :
- Banyak ahli yang menanyakan bagaimana “bagi setiap orang hanya terdapat satu jabatan yang cocok baginya” sehingga akan timbul kesulitan pada individu tersebut seandainya pekerjaan tersebut tidak diperoleh.
- Kemudian “ pilihan jabatan didasarkan pada identifikasi kemampuan pertemuan individu dengan testing” kedua asumsi ini jelas sangat membatasi sesorang dalam perkembangan karirnya.
- Klien hanya bersifat pasif
- Sulit diterapkan di sekolah bila tidak memiliki instrumen pengumpul datanya
Permasalahan Karir Terkait Teori Trait and Factor ini mengenai kemantapan dalam Pilihan Karir Siswa.
Permasalahan yang muncul dalam Teori Trait and Factor ini mengenai kemantapan dalam pilihan karir siswa. Masalah tersebut membuat siswa merasa sulit untuk mengajukan permasalahan yang mereka hadapi mengenai karir mereka, melainkan adalah siswa merasa bimbang untuk memilih sekolah lanjutan mereka nantinya ketika tamat dari sekolah SMA mereka sekarang. Karena pendidikan karir hendaknya sudah mereka dapatkan dari jenjang SMA, karena pendidikan karir bukan hanya untuk kepentingan sesaat saja, melainkan karir ini akan mereka jalani hingga mereka mengakiri pekerjaannya.
Ada beberapa factor yang menghambat dalamkemantapan pilihan karir siswa sebagai berikut :
1. 1. Siswa merasa malu untuk mengemukakan permasalahannya kepada guru BK,
2. 2. Kurangnya motivasi siswa dalam mengemukakan keinginannya
3. 3.Kurangnya waktu dalam kelas bagi guru BK

Untuk itu maka adanya solui untuk mengatasi permasalahan tersebut :
1. 1. Siswa mendapatkan pelatihan model konseling Trait and Factor supaya bisa selalu melatihnya sebagai suatu dasar yang sangat berguna untuk lebih mematangkan/memantapkan pilihan karir untuk . diri.
2. 2. Kepada Guru BK disarankan untuk lebih intensif memperhatikan permasalahan yang dihadapi siswa terutama mengenai tingkat kematangan karir yang dialami oleh siswa.
3. 3. Mengadakan layanan konseling trait and factor dapat membantu siswa dalam mematapkan arah pilihan karirnya. Jika layanan ini diberikan secara tepat dan baik untuk memeningkatkan tingkat kematangan arah pilihan karir siswa, akan nampak hasilnya dengan segera.
Refrensi
Suherman Uman. 2008. KONSELING KARIR SEPANJANG RENTAN KEHIDUPAN. Bandung : Bimbingan dan Konseling Sekolah Pasca Sarjana UPI.



Komentar
Posting Komentar